Friday 8 February 2013

MANFAAT DAN EFEK BAHAYA MINUM KOPI

http://www.ngabidin.web.id/2013/02/manfaat-dan-efek-samping-minum-kopi.html

Bagi penikmat (pecandu) kopi seperti saya, secangkir kopi di pagi hari atau di saat menemani  break time bersama dengan kudapan adalah hal yang menyenangkan. Saya sangat senang dengan kopi dan segala jenis varian dari minuman tersebut. Bahkan saya mengkonsumsi kopi 3 – 6 kali sehari. Suatu waktu, teman pernah memperingatkan, kalau kopi berbahaya bagi kesehatan saya. Meskipun peringatan dari teman tersebut tak saya indahkan ketika itu, namun sebenarnya benak saya mulai mempertanyakan hal tersebut, “apakah MANFAAT dan efek BAHAYA minum KOPI bagi kesehatan manusia?” Sejak saat itu saya menyelidiki dan mencari tahu segala sesuatu mengenai kopi. Berikut apa yang saya dapatkan dari hasil penyelidikan tersebut:

Menurut sejarah kata kopi berasal dari bahasa Turki kahveh, yang kemudian dikenal dalam bahasa Belanda sebagai kaffie, diikuti dengan bahasa Inggris dengan sebutan coffie. Bangsa Arab mengenalnya dengan qahwah, artinya kekuatan. Kemudian bahasa Indonesia membakukannya menjadi kata kopi.

Dari berbagai catatan sejarah Tanaman Kopi, kopi pertama kali ditemukan di dataran Ethiopia, sebagai tanaman liar kala itu. Baru pada pertengahan abad 15, kopi dikembangkan di semenanjung Arab, yang kemudian kita kenal dengan istilah Kopi Arabica. Legenda kopi di negeri Arab ini, memiliki cerita tersendiri. Menurut mereka, kopi ditemukan oleh seorang penggembala kambing muda bernama Kaldi. Dia melihat kambingnya menunjukkan gejala gembira saat memakan biji atau daun hijau dari tanaman kopi tersebut. Penasaran akan hal tersebut, maka Kaldi turut memakan biji kopi tersebut dan mendapati perasaan gembira pula. Sejak saat itu, cerita ini menyebar ke seluruh negeri Arab. Baru pada tahun 1610, kopi ditanam di India dan kemudian Belanda mulai belajar mengembangbiakkan pada tahun 1614. Tahun 1699, Belanda mengembangkan tanaman kopi di Srilangka dan tanah Jawa (Indonesia).

Semakin populernya minuman kopi, menarik minat para ahli kesehatan untuk menelitinya. Mereka mendapati bahwa kopi miliki lebih dari 500 senyawa kimia, yang salah satunya dinamakan sebagai kafestol. Bahan kimia tersebut muncul saat bubuk kopi dituangi oleh air panas. Kafestol adalah senyawa yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh manusia hingga sebesar sepuluh persen, menurut sebuah peneliti di Belanda.

Kafein, kandungan senyawa dalam kopi yang juga berbahaya mengakibatkan orang terjaga, sulit mengendalikan emosi, hingga menjadi salah satu pemicu kanker. Kafein inilah yang kita kenali sebagai penyebab kecanduan. Hal tersebut biasa terjadi, saat mengkonsumsi kopi lebih dari 250 mg sekaligus atau setara dengan tiga cangkir kopi. Selain itu kopi juga meningkatkan aliran darah dalam ginjal sehingga produksi urine bertambah.

Dalam penelitian lain juga menyebutkan bahwa kopi sebagai penyebab penyakit maag, tukak lambung, dan tukak usus halus, dikarenakan kopi meningkatkan asam dalam lambung dalam jangka waktu yang lama.

Bahkan para ahli memberikan peringatan bagi seseorang yang mengidap penyakit atau gejala serangan jantung, gangguan ginjal dan tekanan darah tinggi untuk mengkonsumsi kopi tak lebih dari secangkir per hari. Bagi para wanita, konsumsi kopi secara berlebihan dapat mengurangi kesuburan hingga meningkatkan dapat resiko terjadinya osteoporosis pada wanita usia menopause.

Para ahli kesehatan masih dirundung dilema dengan hasil penelitian mereka mengenai bahaya kopi bagi kesehatan manusia. Mengapa demikian? Karena para ahli kesehatan hanya meneliti dua kandungan dari 500 senyawa kimia yang terdapat dalam kopi. Sehingga seluruh penelitian hingga saat ini belum dapat dikatakan sebagai hal yang final. Ini menunjukkan, bahwa para ahli kesehatan sendiri tak sepenuhnya melarang mengkonsumsi kopi. Tetapi disarankan kepada kita untuk mengkonsumsinya secara wajar.

Setelah mengetahui bahaya mengkonsumsi kopi di atas, berikut ini adalah penjelasan dari para ahli yang memang mengkhususkan dalam penelitian tentang efek dari kopi. Ternyata kopi juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita.

===================================

Kopi Untuk Kesehatan Menurut Para Peneliti

=========================================
Dalam jumlah yang tidak berlebihan (tidak lebih dari 2 gelas per hari) meminum kopi, memiliki efek yang positif, antara lain :

1. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer 
Penelitian ini di dasarkan pada penelitian oleh : Chu, YF, Yi-Fang; Brown, Peter H, Lyle, Barbara J, Chen, Yumin, Black, Richard M, Williams, Claire E, Lin, Yi-Ching, Hsu, Chih-Wei pada tahun 2009.

2. Mengurangi resiko penyakit Parkinson
Hasil penelitian : Benedetti M.D. et al., Smoking, alcohol, and coffee consumption preceding Parkinson’s disease, Neurology, 2000:55, 1350–1358.

Enam kelompok studi lain menemukan bahwa peminum kopi yang meminum kopi dengan teratur dapat mengurangi resiko terkena Parkinson lebih dari 80 persen.

3. Meningkatkan Kemampuan Cognitive
Hasil penelitian : Johnson-Kozlow, M., et al., Coffee Consumption and Cognitive Function among Older Adults, Am J Epidemiol 2002; 156:842–850

4. Sebagai bahan Analgesic (mengurangi rasa sakit)
Referensi : Headache Triggers, Caffeine. WebMD. June 2004.

5. Sebagai bahan Anti Oksidan
Kopi mengandung bahan Methylpyridinium yang merupakan bahan anti kanker. Referensi : COFFEE CAN PREVENT COLON CANCER. The Naked Scientists. BBC. 2003-10-19. (Wikipedia)

6. Minum kopi dapat mengurangi resiko diabetes tipe dua. 
Menurut Sid Kirchheimer dari WebMD, semakin banyak kopi yang diminum, semakin baik hasil yang diperoleh. Bahkan, Universitas Harvard telah melakukan riset tentang manfaat kopi bagi kesehatan selama 18 tahun, dengan menganalisa data dari sekitar 126 ribu orang. Hasilnya, dengan meminum kopi 1-3 cangkir sehari dapat mengurangi resiko terkena diabetes hingga 10 persen, sedangkan dengan meminum kopi 6 cangkir atau lebih dapat mengurangi resiko pria dari serangan diabetes tipe dua sebesar 54 persen, sedangkan untuk wanita dapat berkurang 30 persen. Ini argumen bagus untuk ungkapan “satu poci kopi sehari”, ungkapan bagi orang yang ketagihan minum kopi setiap harinya.

Menurut Thomas DePaulis, Phd, seorang ilmuwan dari Vanderbilt University’s Institute for Coffee Studies, menyatakan, semakin banyak meminum kopi, diperoleh hasil yang semakin baik. Nampaknya bagi mereka yang tidak meminum kopi, juga memiliki resiko terkena kanker kolon, sirosis hati, bahkan batu empedu


7. Kopi dapat memberi keuntungan bagi kesehatan jantung, 
Penelitan terbaru lainnya menunjukkan bahwa:
  • Kopi dapat memberi keuntungan bagi kesehatan jantung, mengurangi resiko penyakit jantung sampai 53 persen. 
  • Sedangkan bagi pria efek kafein juga dapat menyebabkan ”sperma” .lebih cepat dan mampu meningkatkan kesuburannya. Begitu hasil penelitian para ilmuwan di San Antonio, Brazil, yang mengkhususkan pada bidang efek-efek obat bagi kesuburan pria.
  • Kopi tidak hanya memiliki efek yang bagus bagi tubuh dalam hal melawan penyakit, namun juga dapat membantu untuk mengimbangi atau memutar balik resiko yang diakibatkan oleh kebiasaan buruk. 
  • Menurut Thomas De Paulis, "Perokok dan peminum berat akan memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan gangguan liver bila mereka memiliki kebiasaan minum kopi secara teratur dibandingkan mereka yang tidak minum kopi." 
  • Sedangkan bagi orang yang susah berkonsentrasi mengkonsumsi kopi teratur dengan kadar yang wajar, diketahui dapat meningkatkan respon reaksi otak dalam mengolah memori. Hal ini terjadi karena, kopi merangsang lebih banyak daerah dalam otak.

8. Kopi dapat membantu mencegah serangan asma
Ada bukti yang menunjukkan bahwa kopi dapat membantu mencegah serangan asma dan bahkan dapat mengaturnya di saat kekurangan obat tradisional. Juga, kopi sangat bermanfaat dalam mengobati sakit kepala, khususnya migrain, dan penelitian menunjukkan, orang yang minum kopi meningkatkan perlindungan terhadap rongga perutnya sendiri. Bagi kaum hawa, mengkonsusmi satu hingga dua cangkir perhari mengurangi resiko terkena penyakit osteoporosis (pengeroposan tulang). Kafein juga diketahui dapat melegakan pernafasan bagi penderita asma dengan melebarkan saluran bronkial, saluran yang menghubungkan kerongkongan dengan paru-paru. Radikal bebas dalam tubuh yang merusak DNA, juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi kopi secara teratur dan wajar.

9. Kopi dapat membantu mengatur maupun menanggulangi depresi 
Kopi sudah terbukti dapat membantu mengatur maupun menanggulangi depresi. Sebagian, tentu saja, karena kandungan kafein membuat kita tetap sadar, yang dapat mengurangi perasaan depresi, namun mungkin juga berhubungan dengan tingkat oksidan yang terkandung dalam secangkir kopi. Sebenarnya, suatu penelitian dari Brazil baru-baru ini menunjukkan bahwa bahkan anak-anak dapat meminum kopi dalam jumlah yang sesuai dengan usianya untuk mengatasi depresi. Kenyataannya, dalam penelitian menunjukkan sejumlah kecil kopi (1-2 cangkir sehari) sesungguhnya memiliki manfaat bagi kesehatan anak-anak, meskipun pernyataan sebelumnya menyatakan bahwa meminum kopi dapat menghambat pertumbuhan seseorang.

10. Kopi bubuk masak dapat menjadi sumber serat yang baik
Tersedianya anti-oksidan alami dalam kopi dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Fakta baru lain, yang baru-baru ini ditemukan oleh Fulgencio Saura-Calixto dan M. Elena Diaz-Rubio dalam ACS’ Journal of Agricultural and Food Chemistry, menemukan bahwa kopi bubuk masak dapat menjadi sumber serat yang baik, setiap cangkir mengandung hampir 2 gram serat yang mudah larut. Kebanyakan orang yang menjalani diet sangat sadar akan manfaat serat dalam hal pengurangan berat badan. Menurut penelitian, “kandungan serat yang terdapat pada kopi bubuk masak lebih tinggi dibandingkan minuman umum lain seperti anggur maupun jus jeruk.”

11. Kopi dapat membuat seseorang merasa nyaman dan senang
Menurut penelitian yang dilakukan di Southwestern University, orang yang gemar meminum kopi memiliki tingkat libido yang tinggi. Karena pada dasarnya, kopi secara alami dapat memicu tubuh untuk memproduksi hormon endorphin yang dapat meningkatkan mood dalam bercinta. Endorphin sendiri merupakan senyawa kimia yang dapat membuat seseorang dapat merasa nyaman dan senang, sehingga akan menjadikannya bersemangat, begitupun dalam melakukan “perang di ranjang”. Tapi jangan dipahami bahwa kopi memiliki zat untuk merangsang. Namun, merupakan mild stimultant yang harus dikonsumsi secara teratur tanpa berlebihan. Jadi bagi anda yang ingin mencoba seberapa efektif kopi memberikan semangat untuk bercinta, cobalah mengkonsumsi kopi. Namun jangan lupa untuk menambahkan beberapa sendok gula, karena gula pasir juga dapat mempengaruhi mood ketika bercinta.


Jadi, mari kita minum kopi, saudara-saudara! Tapi kurangi gula!.

=======================
Saran dan Solusi Minum Kopi
=======================
Cup-of-coffee Bahaya dan manfaat kopi telah kita baca bersama di atas. Kemudian, adakah jalan tengah yang menjembatani dari kedua permasalahan tersebut? Tentu saja ada. Kita selalu “berkompromi” agar keharmonisan hidup terjaga. Karena itu manusia disebut mahluk yang dinamis. Maka simak beberapa saran dan anjuran berikut ini:

Tips minum kopi yang baik :
Jangan menambah gula terlalu banyak. Disarankan kalau kopinya terasa pihat, Anda bisa menambahkan krim atau susu. Rasa pahit yang ditimbulkan kopi sebenarnya tidak lama. “Kopi yang bagus dalam roasting-nya, rasa pahitnya hanya 15 detik dalam tenggorokan.

Minum kopi dilengkapi dengan kue.

Teguklah kopi seperti meminum anggur. Pertama kali adalah mencium aromanya. Kemudian saat diminum tidak langsung ditelan, tapi dikulum terlebih dahulu untuk dikecap. Karena caranya seperti itu, para penikmat kopi tidak pernah merokok.

Bagi yang sensitive dengan kafein, bisa mencoba yang kadar kafeinnya sudah berkurang (decaf).

Yang patut dipahami:

Dosis
Memang belum ada ukuran yang pasti untuk dosis kopi yang boleh dikonsumsi orang. Namun kebanyakan penelitian mengungkapkan bahwa minum 300 mg kafein (sekitar 1 sampai 3 cangkir kopi sehari) tidak memberikan efek negatif pada kebanyakan orang sehat.

Sinyal Bahaya
Ketika mereguk kopi memang terasa nikmat, namun sering kali diikuti dengan sejuta rasa bersalah. Kenali sinyal bahaya kopi sehingga kita tahu kapan harus berhenti minum kopi. Sinyal bahaya itu antara lain: gelisah, jantung berdebar, gangguan tidur dan gangguan mood (mis: cepat marah). Seorang peminum kopi yang menghentikan kebiasaan minum kopinya dapat mengalami “caffeine withdrawal” yang ditandai oleh sakit kepala berdenyut, namun gejala ini akan hilang setelah 24-48 jam atau mendapat kafein dosis baru.

Dengarkan Respon Tubuh
Setiap orang memiliki batasan sendiri mengenai konsumsi kafein. Kebanyakan orang dapat mengkonsumsi 2 cangkir kopi sehari tanpa masalah. Namun ada pula yang mengalami efek buruknya dengan jumlah konsumsi kopi yang sama. Ada yang bercerita setelah minum secangkir kopi menjadi tak dapat tidur sepanjang malam, sebaliknya ada yang tertidur pulas setelah minum kopi. Cara terbaiknya adalah mendengarkan respon tubuh sendiri!

Kenali Kandungan kafein
Setelah mengetahui dosis dan respon tubuh, ada baiknya kita mengetahui kandungan caffeine dalam produk-produk yang sering kita konsumsi. Bagi Anda yang mengalami dampak negatif dari minuman kopi, Anda bisa menggantikann dengan segelas air jeruk, sayuran hijau, disertai konsumsi vitamin B6 dan B12. Jenis-jenis makanan dan minuman ini tidak mengandung seng dan kafein, tapi tinggi mineral, vitamin serta asam folat. Padahal vitamin B6, B12, dan asam folat sangat berperan dalam menurunkan kadar homosistein dalam tubuh, sehingga penyakit jantung koroner pun bisa dihindari.

===================================

Gejala dan Bahaya Kebanyakan Minum Kopi. 

==========================================
Anda adalah seorang yang biasa meminum kopi maka sebaiknya anda mengenali gejala terlalau banyak minum kopi karena akan membahayakan kesehatan tubuh anda, dalam artikel ini akan diulas secara tuntas tentang gejala kebanyakan minum kopi. Agar Anda bisa menakar kadar kafein dalam tubuh, yuk kenali beberapa sinyal tubuh yang menandakan Anda kebanyakan mengonsumsi kafein.

1. Berdebar-debar Tak Karuan
Jantung akan terasa berdebar-debar bila terlalu banyak minum kopi, karena dalam kadar tertentu kafein dapat mempengaruhi susunan saraf pusat di otak. Kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah sehingga tidak dianjurkan untuk penderita hipertensi dan sakit jantung.

2. Urin berwarna Kuning Gelap
Warna kuning gelap pada urin merupakan tanda tubuh mengalami dehidrasi. "Kopi bersifat diuretik yang bisa menyebabkan dehidrasi karena memicu Anda untuk banyak mengeluarkan jumlah urin, sehingga mengakibatkan tubuh kehilangan banyak cairan," kata Amy Gross, MPH, RD, CDN, pakar diet klinis di New York Presbyterian Hospital. Namun, sebenarnya Anda tidak akan mengalami dehidrasi hanya dengan mengonsumsi kafein, bila mengonsumsinya tidak lebih dari 500 mg/hari. Jadi batasi konsumsi kopi, maksimal dua gelas per hari.

3. Selalu Gelisah
Tangan berkeringat, jantung berdebar-debar disertai perasaan gelisah adalah petunjuk bahwa Anda telah overdosis kafein. Kafein dapat memperburuk stres dan depresi karena mengganggu zat penenang kimia pada otak yang disebut adenosin. Kafein juga dapat bertindak sebagai stimulan yang memicu kelenjar adrenal untuk mengeluarkan lebih banyak hormon stres seperti adrenalin. Hormon ini dapat meningkatkan denyut jantung dan membuat Anda lebih mudah cemas

4. Gangguan Pencernaan
Perut mulas dan rasa mual sering dikeluhkan saat minum kopi terlalu banyak. Kafein itu sendiri memang meningkatkan produksi asam di lambung. Coba hentikan dulu minum kopi untuk melihat apakah rasa tak nyaman tersebut mereda.

5. Berhalusinasi
Jika Anda sering mendengarkan suara aneh-aneh atau melihat sosok yang sebenarnya tidak terjadi, berarti Anda kelebihan mengonsumsi kafein. Sebuah penelitian di Inggris menyatakan bahwa orang yang minum kopi instan lebih dari 7 cangkir sehari mempunyai kemungkinan 3 kali lebih besar untuk berhalusinasi.

6. Sakit Kepala
Beberapa jenis obat sakit kepala menggunakan campuran kafein karena dalam jumlah sedikit senyawa ini memang memiliki khasiat anti nyeri. Namun efek sebaliknya bisa muncul jika dikonsumsi terlalu banyak, misalnya minum lebih dari 2-3 cangkir kopi espresso atau 5-6 cangkir kopi biasa setiap hari.

7. Insomnia
Efek samping paling umum dari minum kopi terlalu banyak adalah tidak bisa tidur. Bagi remaja atau orang paruh baya, efek ini mungkin hanya akan memicu rasa lelah namun bisa berdampak serius bagi kesehatan kaum lanjut usia.

8. Keringatan
Kopi meningkatkan produksi keringat dengan dua cara. Pertama, kafein merangsang sistem saraf pusat, yang mengaktifkan kelenjar keringat. Sehingga, makin tinggi kandungan kafein, makin banyak keringat yang diproduksi.

Bijaklah dalam kehidupan anda, “Tindakan pencegahan sejak dini, akan dan pasti dapat membawa kita pada pola hidup sehat.” Dengan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup akan membuat kita semakin menghargai apa arti hidup ini.

=====================================
ANEKA JENIS DAN NAMA MINUMAN KOPI
====================================
Sebagai pecinta minuman kopi, sudah selayaknya kita mengenali beberapa jenis minuman kopi yang menjadi favorit dikalangan pecinta kopi di dunia, seperti dilansir laman times of india. Berikut ini adalah beberapa jenis nama minuman kopi yang sangat terkenal di dunia:

Americano
Kopi ini memiliki sejarah yang unik bagi orang yang mecicipinya. Menurut banyak orang, saat mengkonsumsi kopi Americano, seperti ada sensasi perasaan bisa menghina rakyat Amerika yang tidak memiliki tradisi kopi.

Espresso
Kopi espresso merupakan minuman kopi yang paling diminati oleh sebagian besar penikmat kopi di seluruh dunia. Padahal, jika dilihat dari bentuknya tampilan kopi ini sangat biasa saja karena cuma kopi hitam biasa.

Black Coffee
Minuman kopi ini hampir sama dengan kopi espresso, namun lebih nikmat jika disajikan dengan tambahan susu segar. Masyarakat Perancis merupakan konsumen utama minuman jenis ini sebagai pembuka hari.

Caffe Latte

Kopi jenis ini baiknya disajikan dengan air panas dengan penambahan susu. Takaran yang pasnya, kira-kira 3 banding 1. Namun harus diperhatikan pula tingkat kepanasan air yang digunakan untuk membuat minuman kopi jenis ini.

Cafe au Lait

Minuman ini bentuknya hampir sama seperti caffe latte, namun yang membedakan nya adalah kopi ini dibuat dengan menggunakan bahan kopi biasa. Untuk perbandingannya, lebih kurang sama sehingga rasa kopi ini lebih sedikit soft dibanding cafe latte.

Cappuccino

Kopi jenis ini merupakan varian yang paling banyak digemari oleh masyarakat penggemar kopi di seluruh dunia. Selain cita rasanya yang pas di lidah, aroma yang dimilikinya juga dapat menggugah selera. Minuman sering disajikan dalam bentuk panas atau dingin.

Cafe Macchiato

Kopi satu ini sama enaknya dengan kopi cappuccino, tetapi jenis kopi ini lebih banyak perbandingan kopi ketimbang susu. Alhasil, cita rasa kopinya lebih tajam.

Cafe Mocha

Jenis kopi yang paling digemari kaum hawa karena rasa mocha yang begitu kuat saat diminum. Dalam pembuatannya, perpaduan kopi capuccino dan kopi latte lalu diberi sirup cokelat hingga menghasilkan rasa yang unik namun memiliki kelezatan yang berbeda.

Frappe

Kopi frappe memang identik disajikan dengan penambahan es batu, juga gula sebanyak dua sendok teh. Dengan takaran ini, kopi menjadi sangat nikmat. Sering kali minuman ini ditempatkan di gelas panjang dan diolah menjadi shake kopi sehingga variasinya bertambah banyak.

Madras

Dalam bahasa India, kopi ini terkenal dengan nama Kopi saring. Minuman jenis ini hanya ada di India. Untuk bahannya, minuman ini terbuat dari dari tanah kasar dan dipanggang bersama kopi arabika serta kacang peaberry. Untuk membuatnya, tergolong cukup lama karena harus diseduh beberapa jam agar bahan-bahannya menyatu menjadi kopi nikmat.

Di indonesia hampir semua daerah punya ciri dan nama-nama kopi yang sangat terkenal dan digemari untuk dinikmati masyarakat lokal hingga mancanegara bahkan mungkin sampai internatiaoal. Nama dan jenis kopi di indonesia antara lain:
  • Kopi Medan 
  • Kopi Palembang 
  • Kopi Aceh 
  • Kopi Maluku 
  • Kopi Palu 
  • Kopi Merak 
  • Kopi Susu 
  • Kopi Kapal Api 
  • Kopi Ginseng 
  • Kopiko 
  • Kopi Jahe 
  • Kopi NasGiTel 
  • Kopi Purwoceng 
  • Kopi Tubruk 
  • Kopi ABC 
  • Kopi Granul 
  • Kopi Ayam Merak 
  • Kopi Herbal 
  • Kopi Luwak 
dan masih banyak lagi yang tidak saya ingat, bagi pembaca yang tahu silahkan berikan komentar di bawah posting ini.

Berikut ini adalah kopi yang sangat fenomenal di indonesia yaitu:

Kopi Luwak

Kopi pilihan ini sudah terkenal di kawasan Asia Tenggara dan tersebar luas pada tahun 1980-an. Mulanya kopi luwak ini berkaitan dengan sejarah pembudidayaan tanaman kopi di Indonesia. Kemudian pada abad ke-18 di pulau Jawa dan Sumatera Belanda membuka perkebunan tanaman komersial. Salah satu tanaman komersial yang dibudidayakan yaitu bibit kopi arabika (didatangkan dari Yaman). 

Selanjutnya, Belanda melarang pekerja perkebunan pribumi memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi pada masa tanam paksa atau Cultuurstelsel (1830-1870). 

Pelarangan yang dilakukan Belanda terhadap penduduk pribumi mengakibatkan mereka memiliki rasa ingin mencoba minuman kopi luwak yang terkenal itu. 

Para pekerja perkebunan akhirnya menemukan sejenis musang gemar memakan buah kopi, tapi hanya daging buah yang tercerna, kulit ari dan biji kopinya masih utuh dan tidak dapat tercerna. 

Biji kopi dalam kotoran musang jenis ini dipunguti, dicuci, lalu disangrai dan ditumbuk. Setelah proses penumbukan selesai, maka kopi tersebut diseduh dengan air panas sehingga terciptalah kopi yang membuat penasaran penduduk pribumi yaitu kopi luwak. 

Kemudian kopi tersebut semakin tersebar luas karena aroma dan rasanya yang khas. Wajar jika akhirnya kopi ini menjadi kopi pilihan dan harganya mahal karena yang meminumnya orang-orang pilihan (misalnya bangsawan Belanda).

Penelitian Kopi Luwak

Penelitian Kopi Luwak telah dilakukan oleh seorang saintis bernama Massimo Marcone dari University of Guelph in Ontario, Canada. Dia mempelajari mengapa kopi luwak bisa memiliki cita rasa enak dan khas. 

Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa kopi yang di makan luwak di dalam perutnya akan difermentasi oleh enzim bernama Proteolytic. 

Enzim ini akan menguraikan protein yang ada dalam kopi menjadi lebih sederhana sehingga dapat menambah cita rasa yang tinggi. Ternyata penelitian mengenai kopi luwak tidak sebatas terhadap rasanya. 

Paling tidak ada dua perusahaan yang melakukan penelitian untuk mencoba membuat kopi luwak tanpa menggunakan hewan luwak. 

Mereka mencoba membuat proses buatan di luar hewan luwak terhadap kopi. Dan hasilnya, rasa kopi luwak buatan tersebut mendekati aslinya. Kedua perusahaan tersebut adalah : Gainesville Florida firm, Coffee Primero dan Trung NguyÃĒn Coffee Company di Vietnam. Dan mereka telah melisensikan hasil temuannya tersebut. Inovasi Produksi Kopi Luwak berbasis Teknologi (ITB)

Karena proses produksi kopi ini sangat sedikit dan bergantung pada sistem biologis hewan luwak, maka kopi ini dinobatkan sebagai kopi termahal di dunia. Namun demikian, peminatnya tinggi karena cita rasanya yang khas. Akibatnya terjadilah penangkaran terhadap hewan luwak secara besar-besaran membuat ketidakseimbangan populasi hewan ini di alam. Hewan yang bernama ilmiah Paradoxurus hermaphrodites ini pun dinobatkan sebagai hewan langka.

Permasalahan tersebut menginspirasi Ali Budhi, Warih, dan Maliki dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB untuk memberikan suatu inovasi penelitian terkait produksi kopi luwak ini. Inovasi tersebut diberi nama Kopi Luwak Zimobiotik.

Kopi luwak Zimobiotik ini merupakan kopi luwak yang diproduksi di dalam fermentor terkontrol (ex-situ). Prinsip kerja fermentor ini adalah pemimikan proses reaksi enzimatis dan fermentasi microbial yang terjadi alami di dalam saluran pencernaan hewan luwak. "

Produk ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan cara konvensional, antara lain hasil produksi dalam skala besar, kualitas produk terkontrol secara analitik, harga ekonomis dan tidak merusak kelestarian populasi hewan luwak di dalam." terang Ali Budhi, ketua penelitian kepada Kantor Berita.

Inovasi teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi kopi luwak serta berkontribusi dalam kelestarian musang luwak.

Penelitian yang dibimbing oleh Dr. I Nyoman Aryantha ini berhasil membawa ITB meraih juara 1 dalam ajang Youth Agrotechnopreneurship Competition (YAC) 2010 yang digelar di Institut Pertanian Bogor pada bulan Oktober lalu. YAC merupakan ajang perlombaan business plan tingkat nasional yang memiliki fokus pada pengembangan produk pertanian melalui sentuhan teknologi. Hal ini dapat menunjukan juga bahwa ITB juga memiliki keunggulan dalam bidang pengembangan produk-produk hayati melalui sentuhan teknologi.

"Untuk aspek pemasaran kami bekerja sama dengan PT Nugaramitra, produsen kopi luwak Pengalengan Kabupaten Bandung. Beberapa supllier dan distributor kopi luwak kami antara lain Morningglory, Instansi seperti Balai Besar Pertanian Lembang, Korps Distrik Militer Jawa Barat, Bank Jabar Banten, PT Indosis anak cabang dari MedcoEnergi dan perusahaan ekspor Indonesia." jelas Ali ketika ditanya tentang strategi pemasaran. "Kami berharap Kopi Luwak Zimobiotik ini menjadi solusi modern akan penurunan kualitas dan kuantitas kopi luwak saat ini." Ujar mahasiswa Mikrobiologi angkatan 2007 ini menutup perbincangan. (Sumber : itb.ac.id )


Kualitas Dan Manfaat Kopi Luwak

Biasanya bagi sebagian orang setelah minum kopi sebelum tidur malam dan setelah bangun pada pagi harinya badan terasa sakit dan pegal-pegal dipingang maupun dipunggung, seluruh tubuh terasa sakit dan tidak segar, mungkin itu semua karena pengaruh zat-zat kimia campuran dalam kopi tersebut. Namun, kopi jenis ini memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  • Minum kopi luwak secangkir setiap hari dapat mencegah resiko kanker mulut karena di dalamnya terdapat senyawa yang dapat membatasi pertumbuhan sel kanker dan kerusakan DNA. Selain itu juga dapat melindungi gigi.
  • Minum kopi luwak dua sampai lima cangkir setiap hari dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit nonmelanom sehingga dapat dikatakan melindungi kulit. 
  • Orang yang meminum kopi luwak dapat menghindarkan tubuhnya dari penyakit diabetes. Alasannya yaitu ketika orang meminum tiga sampai empat cangkir kopi reguler atau kopi decaf (dengan kadar kafein yang dikurangi) maka risiko diabetes tipe II dapat turun hingga 30%. 
  • Minum kopi luwak dapat mencegah penyakit saraf karena kandungan antioksidan di dalam kopi akan menghambat kerusakan pada sel yang dihubungkan dengan parkinson. 
  • Minum kopi luwak juga dapat menurunkan risiko kanker payudara. Biasanya wanita yang menjelang masa menopause mengonsumsi empat cangkir kopi sehari sehingga terjadi penurunan risiko kanker payudara sebesar 38%.Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah memberikan kopi pilihan ini kepada PM Australia, Kevin Rudd, pada kunjungannya ke Australia di awal bulan Maret 2010. Hal tersebut menjadi perhatian pers Australia.
xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

FATWA MUI TENTANG KOPI LUWA

===============================
Para ulama di indonesia ada perbedaan pendapat terkait halal dan haramnya kopi luwak. berikut ini saya kutip dari republika.co.id terkait fatwa MUI tentang kopi luwak:REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Majlis Ulama Indonesia menilai kopi luwak berunsur najis. Penyebabnya, biji kopi yang dimakan luwak telah melalui proses pencernaan dan ke luar menjadi feses. Namun, setelah dicuci dengan air bersih, biji kopi itu menjadi halal. Meminum dan memroduksi kopi ini tidak bermasalah secara agama.MUI sempat berdebat panjang apakah kopi tersebut haram atau tidak.

“Ternyata halal,” jelas Direktur Lempaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI, Lukmanul Hakim, di kantornya, Selasa (20/7). Dijelaskannya, tingkatan najis kopi tersebut adalah mutawassithah atau pertengahan. “Bukan najis mughallazhah atau najis berat,” tegasnya.

Najis pertengahan tersebut hilang setelah dicuci dengan air bersih untuk menghilangkan aroma dan rasa najis tersebut. Sementara aroma dan rasa kopi tidak berubah. Lukman mengatakan, biji kopi tersebut dibungkus kulit tebal atau kulit tanduk seperti biji melinjo.

Ketika melalui proses pencernaan biji kopi tidak tercemari unsur feses luwak. Unsur najis, jelasnya, hanya ada di bagian luar biji kopi. Sementara bentuk biji kopi tidak berubah.

Dirinya mengakui sempat terjadi perdebatan dalam tiga kali rapat anggota MUI terkait halal dan haramnya kopi luwak. Mereka yang mengatakan haram beralasan biji kopi tercemari feses atau bahkan disebut sebagai feses. Namun, jelasnya, argumen itu gugur karena terbukti kopi tersebut tidak mengandung feses setelah dicuci air.

Ketua Bidang Fatwa Majlis Ulama Indonesia, Kyai Haji Ma’ruf Amin, mengatakan, pada mulanya biji kopi luwak menjadi haram dikonsumsi karena masih berunsur najis. Keharaman tersebut bukan karena biji kopi tersebut haram dimakan, tetapi ada sebab, yaitu unsur-unsur feses.

Namun setelah dibersihkan ternyata unsur itu tidak ada lagi. “Karena itulah menjadi halal dikonsumsi,” terangnya. Lagi pula, jelasnya, jika biji kopi itu ditanam kembali maka tetap akan tumbuh.

Ma’ruf mengatakan, fatwa tersebut dikeluarkan berdasar pertanyaan PT Perusahaan Negara (PTPN) XII yang mengembang-biakkan luwak. “Di Pengalengan, Jawa Barat, mereka juga akan mengembangkan,” terangnya. Mereka bertanya-tanya apakah halal atau haram hukumnya.

Mereka, jelas Ma’ruf, bukan meminta kopi luwak dihalalkan. Dia mengatakan, kalau meminta dihalalkan maka tidak ada artinya, karena sama saja dengan memaksa. PTPN yang akan mengembangbiakkan luwak ini terletak di Jawa Timur dan Jawa Barat. “Kami pun membahasnya di komisi fatwa MUI,” ungkapnya.

PT Perkebunan Nusantara II (Persero) atau biasa disingkat PTPN II (Persero) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang agrobisnis perkebunan. Badan usaha ini dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 1996 tanggal 14 Februari 1996.

Kopi luwak dibuat dengan bahan dasar biji kopi. Luwak atau sejenis musang atau civet dilepas dalam sebuah kandang besar untuk memakan biji kopi yang sudah matang berjatuhan. Setelah itu, mereka menunggu para luwak membuang kotoran.

Biji kopi yang ke luar bersamaan kotoran luwak itu diambil untuk diproses lebih lanjut. Lantaran proses yang aneh itulah, MUI mengeluarkan fatwa tentang kopi luwak. (Sumber: Republika)

--------------------------------------------------- &--------------------------------------------------------
Up date 31/01/2017
==============================================


ANEKA JENIS DAN MANFAAT MINUM KOPI HERBAL
==============================================
Kopi herbal adalah kopi sehat (Health Coffee), sebagai minuman untuk kesehatan dan menambah stamina. Kopi herbal dapat menyembuhkan bermacam- macam keluhan kesehatan badan dan meningkatkan stamina pria dan wanita sehingga hubungan suami istri makin harmonis. Sebagian kita beranggapan bahkan ahli medis sekalipun sangat jarang yang menyarankan kopi sebagai sarana pengobatan penyakit, namun statement tersebut tidak selalu benar.
Kerana ternyata ada manfaat lain dari kopi bagi kesehatan terlebih bila di padukan dengan herbal. Manfaat kopi sehat Health Coffee Herbal untuk mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan tubuh dan penguat stamina pria dan wanita.
Kopi Sehat
Kopi sehat Health Coffee HPAI untuk kesehatan dan stamina prima. Vitalitas, kekuatan, kesuburan, detox, anti radang, anti stress, kanker, tenaga hayat dll.

Detail Manfaat Kopi sehat:
Kopi Sehat sangat dianjurkan untuk konsumsi harian baik untuk segala usia pria maupun wanita karena mengandung berbagai herbal yang sangat di butuhkan tubuh antara lain : Madu Asli (pure honey), Propolis, Habbatussauda (jinten hitam), Pasak Bumi ( Gingseng / Tongkat Ali), Susu Kambing, Kopi Non kafein dan Cokelat pilihan.


Khasiat Kopi Sehat
  • Minuman kopi penambah stamina dan kebugaran 
  • Kopi untuk keharmonisan hubungan pasutri 
  • Bisa diminum oleh ibu hamil dan pasca melahirkan 
  • Untuk mengatasi berbagai jenis penyakit 
Khasiat Kopi Sehat yang mengandung Madu Asli (Pure Honey) :
Madu asli mengandung banyak mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia antara lain natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, fosfor dan kalium. Vitamin-vitamin yang ada dalam madu adalah thiamin (B1), riboflavin (B2), asam askorbat (C), piridoksin (B6), niasin, asam pantotenat, biotin, asam folat, dan vitamin K.

Disamping itu madu juga mengandung enzim seperti diastase, invertase, glukosa oksidase, peroksidase, dan lipase. Enzim diastase adalah enzim yang mengubah karbohidrat komplek (polisakarida) menjadi karbohidrat sederhana (monosakarida).

Enzim invertase adalah enzim yang memecah molekul sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. Enzim oksidase adalah enzim yang membantu oksidasi glukosa menjadi peroksida. Enzim peroksidase melakukan proses oksidase metabolisme. Semua zat tersebut berguna untuk proses metabolisme tubuh.
  • Menjaga sistem pencernaan 
  • Meningkatkan Sistem Imun tubuh 
  • Meningkatkan Energi Pada Pagi Hari 
  • Membantu Proses Detoksifikasi 
  • Mengurangi iritasi pada Tenggorokan / batuk 
Khasiat Kopi Sehat yang mengandung Propolis :
Propolis adalah suatu zat yang dihasilkan oleh lebah madu. Dikumpulkan oleh lebah madu dari pucuk daun-daun yang muda untuk kemudian dicampur dengan enzim tertentu dari dalam tubuhnya, digunakan untuk menambal dan mensterilkan sarang.

Propolis mengandung senyawa fenolik semacam flavonoid yang telah terbukti mampu melakukan kegiatan biologi antara lain antibakteri, anti inflamasi( anti radang), anti allergi serta vasodilatory (pelebaran pembuluh darah yang berefek pada meningkatnya aliran darah serta penurunan tekanan darah )

Aktivitas biologis dari propolis terutama disebabkan oleh senyawa fenolik seperti flavonoid. Flavonoid telah dilaporkan untuk menunjukkan berbagai kegiatan biologi, termasuk antibakteri, antivirus, anti-inflamasi, anti-alergi tindakan, dan vasodilatory.


Manfaat Kopi Sehat yang mengandung Propolis bagi kesehatan antara lain

  • Untuk anti jamur, antivirus serta antibakteri 
  • Mengobati virus TBC, flu, demam berdarah, dll 
  • Mengobati penyakit yang berhubungan dengan bakteri, seperti : muntaber, thypus, keputihan karena bakteri 
  • Pengobatan penyakit yang berhubungan dengan Jamur, seperti : panu, keputihan akibat jamur, ketombe 
  • Anti radang serta obat luka, seperti luka bakar, maag, radang tenggorokan, radang ginjal 
  • Pengobatan untuk penderita kanker maupun mutagenesis sel, seperti kanker, mium, kista 
  • Blood cleansing serta detoksifikasi, sehingga efektif untuk beberapa ganguan kesehatan seperti : trigliserin, kolesterol, darah tinggi, stroke, diabetes mellitus, asam urat, jantung 

Manfaat Kopi Sehat yang mengandung Habbatussauda :
Habatussauda atau jinten hitam mengandung aneka vitamin, mineral, protein nabati, juga asam lemak tak jenuh. Habbatussauda juga mengandung asam lemak esensial yang penting bagi kesehatan kulit, rambut, selaput lendir, pengendalian tekanan darah, produksi hormon dalam tubuh, dll.

Berikut kegunaan Habbatussauda bagi kesehatan :
  • Sebagai Sumber Energi. Habbatus Sauda diketahui membantu pemeliharaan temperatur alamiah tubuh. 
  • Membantu melancarkan ASI dan termasuk sumber gizi yang penting buat ibu dan anak. 
  • Untuk kekebalan (imunitas). Beberapa penelitian baru-baru ini membuktikan efek Habbatus Sauda dalam meningkatkan sistem kekebalan. 
  • Habbatus Sauda juga mengandung asam arginin, yaitu salah satu zat asam yang penting dan sangat dibutuhkan untuk perkembangan anak. 
  • Habbatus Sauda merupakan makanan kesehatan yang penting dan bermanfaat bagi orang-orang tua, karena mengandung berbagai macam zat gizi.
MANFAAT DAN EFEK MINUM KOPI HERBAL

Untuk mengetahu manfaat kopi herbal KOPI SEHAT (Health Coffee) plus HABBATUSSAUDA produk dari HPAI lebih detail dan selengkapnya silahkan baca di LINK INI.

=========================================
=====================================
Kopi 7 Elemen atau lebih dikenal dengan Kopi Sevel (seven elements) adalah kopi sinergi tujuh herba yang merupakan sinergi dari bagian tanaman seperti biji, akar, batang, kulit, daun, bunga, dan buah diracik dan di kemas menjadi minuman kesehatan yang alami.

Kopi Tujuh Elemen adalah Kopi kesehatan Sevel untuk vitalitas, tenaga ekstra, relaksasi dan anti stress, anti kanker dan tumor, anti radang, anti infeksi, rematik, asma dll

Khasiat Kopi Tujuh Elemen

Manfaat dan khasiat Kopi 7 Elemen sangat banyak antara lain sbb :
  1. Menjaga stamina agar tetap vit sepanjang hari
  2. Mengembalikan tenaga atau stamina lelaki
  3. Sumber energi instan
  4. Memperlancar metabolisme tubuh
  5. Menyeimbangkan sel-sel dalam tubuh
  6. Minuman relaksasi dan anti stress / depresi
  7. Menghilangkan rasa sakit dan rasa tidak nyaman
  8. Anti kanker dan anti tumor
  9. Menghancurkan sel-sel kanker
  10. Mengobati asma
  11. Keropos tulang
  12. Rematik
  13. Masuk angin (membuang angin)
  14. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan atau pembengkakan pada organ tubuh.
  15. Melancarkan saluran kemih.
  16. Mencegah infeksi pada saluran kemih dan juga gejala lain seperti kencing darah, nanah dan lain-lainnya.
  17. Obat batu ginjal. Mencegah batu ginjal (kencing batu) dan menghancurkan batu empedu.
  18. Menyembuhkan influenza seperti pilek atau flu.
  19. Bersifat sebagai antipiretik yang ampuh untuk menurunkan demam / panas.
  20. Mengatasi nyeri pada lambung.
  21. Menghentikan diare akut (terus menerus).
  22. Mengobati disentri (Feses berlendir dan berdarah).
  23. Pembengkakan dan radang prostat.
  24. Mencegah radang mata dan mengembalikan kejernihan pandangan.
  25. Mengontrol kadar gula darah yang juga baik untuk pencegahan diabetes mellitus.
  26. Mencegah dan mengatasi penyakit kuning (hepatitis).
  27. Menghentikan pedarahan dan mempercepat pembekuan darah utamanya pada saat mimisan.
  28. Mengeluarkan cacing dalam tubuh. Baik untuk mengatasi cacingan pada anak.
  29. Melancarkan sistem pencernaan utamanya bagi kalangan anak yang masih dalam masa pertumbuhan.
  30. Bersifat sebagai analgetik yang berguna untuk meringankan nyeri pada otot, sendi dan pegal linu.
  31. Menyembuhkan gejala keputihan bagi kaum hawa.
  32. Mengurangi nyeri pada saat haid atau menstruasi.
  33. Mencegah radang usus dan radang ginjal.
  34. Melancarkan peredaran darah dalam tubuh.
  35. Mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi).
  36. Obat batuk herbal dan juga bersifat sebagai peluruh dahak.
  37. Mengatasi penyakit kulit seperti gatal, kudis, dan kurap.
  38. Mengobati amebeien atau yang sering disebut juga wasir.
  39. Mempercepat penuaan atau pematangan bisul.
  40. Antioksidan yang ampuh untuk menangkal radikal bebas dan mengembalikan daya tahan tubuh.
  41. Mengembalikan kinerja organ hati yang berlebihan.

Product Description Kopi Tujuh Elemen
Kopi tujuh elemen diindikasikan untuk menunjang berbagai aktifitas yang padat dan menjadikan tubuh tetap rileks dan fit. Kopi 7 Elemen terdiri dari herba pilihan yang telah diracik secara khusus sehingga memberikan khasiat yang luar biasa dan multimanfaat bagi kesehatan Anda dan keluarga.

Sesuai namanya, Kopi Sevel terdiri dari tujuh herba alami yang berupa akar-akaran, biji, daun, kulit dan bunga sebagai berikut :

Gula Palm / Palm Sugar
Gula Palm sebagai sumber energi instan. Banyak mengandung unsur yang dibutuhkan tubuh, seperti mineral dan Riboflavin yang berfungsi memperlancar metabolisme tubuh dan mampu membenahi sel sehingga membuat tubuh kita tetap fit. Proses larut Gula Palm di dalam tubuh berlangsung lama dan perlahan-lahan sehingga bisa memberikan energi dalam kurun waktu yang lama.

Gula Palm atau lebih dikenal dengan Palm Sugar merupakan gula yang dibuat menggunakan bahan-bahan dari sari palm / keluarga palma seperti aren, kelapa, siwalan.

Sari palm merupakan air yang manis yang disebut nira, yang diambil langsung dari pohon palma, sari / nira aren diambil dari pohon aren merupakan nira pohon kelapa. Proses pengambilan nira ini sangat tradisional, petani gula atau disebut penderes memanjat.

Palm sugar merupakan gula kesehatan karena memilik Glycemic Index (GI) rendah yaitu 35, jauh di bawah gula putih (85-93), gula Aren (70) dan madu (55). Secara sederhana, GI dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah. Semakin rendah GI pangan, semakin lamban peningkatan glukosa dalam darah yang dihasilkan. Hal itu berarti gula darah menjadi stabil.

Mengkudu
Sebagai herba untuk relaksasi dan menghilangkan ketegangan. Buah mengkudu dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik dan membuat seseorang menjadi lebih rileks. Rileks disebabkan karena dalam buah mengkudu membuat relaks otot-otot kejang dan menghilangkan rasa sakit dan rasa tidak nyaman.

Buah mengkudu sering digunakan masyarakat sebagai obat antihipertensi, namun belum diketahui dimana tempat kerjanya. Penelitian ini bertujuan membuktikan efek buah mengkudu terhadap otot polos pembuluh darah.

Digunakan model percobaan aorta terpisah marmut yang endotelnya telah dihilangkan. Variabel yang diukur adalah besar perubahan kontraksi otot polos aorta tanpa endotel yang distimulasi fenilefrin [10-5M] terlebih dulu kemudian ditambahkan ekstrak buah mengkudu dosis 0,2%, 0,6%, dan 1,0%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah mengkudu dosis 0,2% menyebabkan peningkatan kontraksi,sedangkan dosis 0,6% dan 1,0% menyebabkan relaksasi. Efek relaksasiini terbukti bermakna (p < 0,05) dan terdapat hubungan yang kuat dan bermakana antara dosis dan efek relaksasi (R = 0,894; p < 0,05).

Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa ekstrak buah mengkudu dapat menyebabkan relaksasi otot polos aorta terpisah marmut tanpa endotel pada dosis > 0,2%,sedang pada dosis 0,2% terjadi peningkatan kontraksi.

Disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dosis efektif mengkudu sebagai terapi antihipertensi. 


Manggis

Kulit buah manggis terkenal sejak dulu sebagai salah satu herbal antioksidan. Hasil penelitian ilmiah menyebutkan bahwa kulit buah Manggis sangat kaya akan anti-oksidan, terutama xanthone, tanin, asam fenolat maupun antosianin. Kulit buah Manggis memiliki sifat antiproliferasi untuk bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, selain juga mampu menghancurkan sel kanker.

Kehebatan kulit manggis tidak luput dari perhatian peneliti di Indonesia. Menurut Dr Agung Endro Nugroho MSi Apt, kulit manggis mengandung 50 senyawa xanthone. Xanthone ialah bioflavonoid yang bersifat antioksidan, antibakteri, antialergi, antitumor, antihistamin, dan antiinflamasi.

Molekul biologi aktif ini memiliki struktur cincin 6 karbon dan kerangka karbon rangkap, sehingga sangat stabil. Di alam ada 200 jenis xanthone, sejumlah 50 di antaranya ditemukan di kulit manggis.

Yang paling banyak memiliki efek farmakologis adalah alfamangostin, betamangostin, dan garcinon-E. Pemeran utama penumpas sel kanker ialah alfamangostin dan garcinon-E.

Keduanya menghambat proliferasi sel kanker dengan mengaktivasi enzim kaspase 3 dan 9, yang memicu apoptosis atau program bunuh diri sel kanker. Alfamangostin juga mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang sel pembunuh alami yang bertugas membunuh sel kanker dan virus.

Berbagai hasil penelitian menunjukan kulit buah manggis kaya akan antioksidan, terutama antosianin, xanthone, tanin, dan asam fenolat. Radikal bebas (atom atau kelompok atom yang dalam keadaan bebas alias tidak terikat dengan gugus lain) dapat menangkap molekul hydrogen, asam lemak, logam berat yang pada akhirnya memicu beragamnya penyakit degeneratif.

Xanthone
Antioksidan yang terdapat dalam kulit buah Manggis dengan kadar yang tinggi ini memiliki sifat yang baik dan bermanfaat bagi tubuh, seperti anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri, anti-jamur, anti-plasmodial, dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh, hepatoprotektif.

Di dalam senyawa xanthone teridentifikasi sekitar 14 jenis senyawa turunannya. Yang paling banyak terkandung dalam buah Manggis ialah kandungan alfa-mangostin dan gamma-mangostin. Apa itu alfa-mangostin?

Alfa-mangostin adalah senyawa yang sangat berkhasiat dalam menekan pembentukan senyawa karsinogen pada kolon. Selain alfa-mangostin, senyawa xanthone juga mengandung gamma-mangostin yang juga memiliki banyak manfaat dalam memberikan proteksi atau melakukan upaya pencegahan terhadap serangan penyakit.

Menurut penelitian yang telah dilakukan sejak tahun 1970-an, kedua turunan senyawa xanthone tersebut bisa menghentikan proses peradangan atau inflamasi dengan jalan menghambat enzim COX-2 yang merupakan enzim pemicu peradangan.

Dalam penelitian lainnya juga ditemukan fakta bahwa gamma-mangostin memiliki sifat anti-radang yang jauh lebih baik dibandingkan dengan obat-obat inflamasi yang selama ini beredar di pasaran.

Dengan demikian, gamma-mangostin mampu memberikan proteksi pada serangan penyakit yang menyebabkan inflamasi seperti alzheimer dan arthritis.

Antosianin
Antosianin juga memiliki kemampuan sebagai anti-oksidan yang baik dan memiliki peranan yang cukup penting dalam mencegah beberapa penyakit seperti kanker, diabetes, kardiovaskuler, dan neuronal.

Antosianin merupakan kelompok pigmen yang terdapat dalam tanaman dan biasanya banyak ditemukan dalam bunga, sayuran maupun buah-buahan seperti Manggis, Stroberry, Rasberry, Apel, dan lainnya.

Tanin
Tanin, senyawa lain yang terkandung dalam kulit buah Manggis, memiliki aktifitas antioksidan yang mampu menghambat enzim seperti DNA topoisomerase, anti-diare, hemostatik, anti-hemoroid, dan juga menghambat pertumbuhan tumor.

Tanin sendiri mampu membentuk kompleks kuat dengan protein sehingga dapat menghambat penyerapan protein dalam pencernaan. Dengan kata lain bisa disebut anti-nutrisi.

Oleh sebab itu, kadar tanin dalam produk-produk pangan patut diperhatikan dan diformulasikan secara cermat supaya kadarnya aman untuk pencernaan manusia.

Anti-KankerBeberapa penelitian telah membuktikan bahwa kandungan xanthone dalam kulit buah Manggis mampu berperan sebagai senyawa anti-kanker. Kulit buah Manggis memiliki sifat antiproliferasi untuk bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, selain juga mampu menghancurkan sel kanker.

Anti-Inflamasi (Peradangan)
Kulit buah Manggis memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan). Untuk membuktikan hal itu, penelitian yang dilakukan adalah dengan memakai mangostin dari ekstrak etanol 40% yang memiliki aktifitas penghambatan terhadap pelepasan nistamin dan sintesis prostagladin E2 sebagai perantara inflamasi. Kandungan ekstrak etanol dalam kulit buah Manggis mampu meredam radikal bebas secara kuat.

Anti-Mikroba
Kulit buah Manggis juga dikenal memiliki daya anti-mikroba terhadap beberapa bakteri seperti Staphylococcus aureus. Bakteri ini sangat resisten terhadap anti-biotik metisilin.

Ref Kulit Manggis by wikipedia

Daun Sendok

Herba ini dikenal sebagai pembersih system urin antara lain mengatasi sejumlah gangguan pada saluran kencing, termasuk peradangan yang terjadi, seperti akibat batu ginjal, pembengkakan dan radang prostat, serta infeksi saluran kencing.

Herba tanaman daun sendok rasanya manis, sifatnya dingin, astrigen. Berkhasiat sebagai antiradang, peluruh kencing (diuretic), antiseptic, pereda demam (antipiretik), peluruh dahak (ekspektoran), obat batuk (antitusif), penghenti peradangan (hemostatis), pelembut kulit, menerangkan penglihatan dengan menormalkan aktivitas organ hati yang berlebihan, dan menghilangkan aus.

Perlu diketahui bahawa Herba daun sendok mengandung zat aktif berupa iridoid glycosides (seperti plantagin, aukubin), flavonoid (apigenin), asam ursolik, beta sitosterol, n-hentriakontan, dan plantagluside yang terdiri dari metil D-galakturonat, D-galaktosa, L-arabinosam dan Lrhamnosa.

Selain itu, mengandung tannin, kalium, dan vitamin (B1, C, A). Kalium bersifat peluruh kencing (diuretic) yang akan membuang kelebihan asam urat tinggi dan melarutkan endapan garam kalsium yang terdapat di dalam ginjal dan kandung kencing.

Zat aktif aukubin selain meningkatkan pengeluaran (sekresi) asam urat melalui ginjal, juga berkhasiat hepatoprotektor dan antiseptik. Apigenin berkhasiat antiradang yang dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada reumatik gout akut.

Herba daun sendok berkhasiat mengatasi batu empedu, batu saluran kencing, bengkak karena penyakit ginjal, dan kencing sedikit karena panas dalam.

Selain itu, bermanfaat untuk mengatasi gangguan pada saluran kencing (seperti infeksi saluran kencing, kencing berlemak, kencing bernanah), hepatitis akut disertai kuning (hepatitis ikterik akut), peradangan (seperti radang prostat (prostatitis), radang saluran napas (bronkitis) dan radang mata merah.

Ada khasiat lain dari herba daun sendok yaitu untuk influenza, demam, batuk rejan (pertusis), diare, disentri, nyeri lambung, menerangkan penglihatan yang kabur, kencing manis (DM), pendarahan (seperti mimisan, batuk darah), cacingan dan gigitan serangga.

Herba Jahe
Dikenal sebagai ramuan herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti asma, keropos tulang, rematik dan juga termasuk masuk angin. Jahe mengandung minyak atsiri yang terdiri dari zingiberen, kamfena, gingeral, zingeberin, lemonin, shogool, zingiberal.

Sifat jahe yang hangat dapat membantu meningkatkan suhu tubuh. Sejenis minuman yang sering dinikmati yaitu wedang jahe ini, memang sudah menjadi konsumsi wajib bagi penduduk daerah pegunungan. Selain itu jahe, juga memiliki anti virus dan anti toksin dengan membantu mempromosikan keringat yang dapat membantu mengobati batuk dan masuk angin.

Ekstrak jahe ternyata dapat menekan pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti mencegah penyebaran gejala kanker kulit,pankreas,kanker ginjal dan gejala kanker patu-paru.

Masalah pernafasan yang paling umum diderita adalah batuk atau pilek. Jahe termasuk jenis ekspektoran alami yang berfungsi dalam melegakan sistem pernafasan, dengan yang memecah dan menghilangkan lendir (dahak) dapat dengan mudah keluar dan memulihkan sistem pernafasan seperti sedia kala.

Jahe juga di indikasikan membantu penyerapan makanan dan mencegah kemungkinan sakit perut, karena sifatnya yang mengurangi peradangan.

Senyawa di dalam jahe merupakan anti inflamasi, dapat digunakan untuk meredakan nyeri secara alami akibat benturan tersebut. Manfaat jahe dengan kandungan anti inflamasi juga dapat mengurangi nyeri pada gejala penyakit rematik.


Herba Habbatussauda
Jintan hitam atau Habbatussauda (Nigella sativa Linn.) adalah rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman obat. Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jenis tanaman ini telah disebut-sebut sebagai tanaman obat dalam perkembangan awal agama Islam.

Habbatusauda dikenal akan kandungannya seperti terdapat kandungan senyawa alami yang terdiri dari nigelon, zat pahit, glukosida, saponin, minyak lemak dan masih banyak lagi.

Habatussauda mengandung aneka vitamin, mineral, protein nabati, juga asam lemak tak jenuh. Habbatussauda juga mengandung asam lemak esensial yang penting bagi kesehatan kulit, rambut, selaput lendir, pengendalian tekanan darah, produksi hormon dalam tubuh, dll.

Selain kandungan bahan-bahan alami tersebut, habatussausa juga mengandung nigellon, yang termasuk dalam kategori zat anti-oksidan alami, seperti vitamin C dan A. Habatussauda juga mengandung glutathion yang memeilki peran fundamental dalam melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas.

Sejumlah hasil penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini menyatakan bahwa fungsi protektif Nigellon mampu melindungi tubuh dari berbagai bahaya zat-zat asing.

Unsur-unsur kimiawi dalam 100 gr Habbatus Sauda mengandung zat-zat sebagai berikut:
  • 13,19 gr air 6. 6, 2 mg niasin
  • 9,17 gr protein 7. 3,6 gr fiber
  • 9, 12 gr lemak 8. 8,7 gr abu
  • 80,10 mg kalsium 9. 463 kalori
  • 20 mg vitamin A
Kopi Tujuh Elemen : Kopi kesehatan Sevel untuk vitalitas, tenaga ekstra, relaksasi dan anti stress, anti kanker dan tumor, anti radang, anti infeksi, rematik, asma dll


Komposisi Kopi Tujuh Elemen :

  • Komposisi utama Kopi Sevel adalah sbb :
  • Gula Palm
  • Mengkudu
  • Kulit Manggis
  • Daun Sendok
  • Jahe
  • Habbatussauda


================================================

MANFAAT KOPI HERBAL RADIX

================================================
Kopi radix sinergis merupakan kopi pendongkrak stamina yang di buat dengan mensinergikan 7 tanaman herbal berkhasiat obat

Kopi Herbal RADIX
Kopi RADIX adalah kopi herbal alami tradisional yang sangat bermanfaat menjaga stamina dan vitalitas pria dan wanita, Kopi radix sinergis merupakan kopi pendongkrak stamina yang di buat dengan mensinergikan 7 tanaman herbal berkhasiat obat yaitu :
  1. Tongkat Ali / Gingseng.
  2. Teja Lawang.
  3. Tebu Gajah.
  4. Mata Pelanduk.
  5. Mengkudu Hutan.
  6. Halban.
  7. Larak Hutan
Kopi RADIX adalah kopi herbal alami tradisional yang sangat bermanfaat menjaga stamina dan vitalitas pria dan wanita, Kopi radix sinergis merupakan kopi pendongkrak stamina yang di buat dengan mensinergikan 7 tanaman herbal berkhasiat obat

Hasil sinerginya menjadikan manfaat minum Kopi Radix Sinergis hpai sebagai satu satunya kopi yang aman untuk kesehatan jantung sekaligus dapat di gunakan sebagai terapi pengobatan berbagai penyakit ringan maupun kronis.

Minum Kopi Radix setiap hari aman bagi kesehatan anda karena tidak menggunakan gula pasir biasa, karena kopi radix sinergis menggunakan pemanis dari herbal Tebu gajah jadi aman untuk penderita Diabetes.

Info Lengkap Tentang khasiat dan manfaat Kopi Herbal ini Bisa di Baca DI SINI.

Testimony konsumen yang telah merasakan manfaat hebat kopi radix sinergis Silahkan KLIK DI SINI

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx






Referensi :
Arif Alamsyah
abuherbalbogor
konsultasisawit
itb.ac.id



57 komentar

Kopi dapat memperlambat penuaan

artikel yg bermanfaat, tks infonya gan.......

Semoga bermanfaat,.

Kopi dapat memperlambat penuaan?
Mungkin Anda lebih tahu dari saya, tolong anda jelaskan secara ilmiah dan lebih detail, atau sebutkan sumber referensinya?

Semoga bermanfaat, terima kasih atas kunjungan anda.

Saya sekedar berbagi informasi dan Semoga bermanfaat untuk kita.

AAMIIN...

thankz buat infonya...sangat brmanfaat buat ane khususnya

bang sebelumnya ane ijit copas buat referensi artikel ane...

trims

Orang tua saya sering menegur saya kayak gini "Klo kebanyakan minum kopi bisa jadi bodoh, apakah benar pernyataan itu gan??"

Klo bisa tolong jelaskan alasannya, terima kasih.

Saya belum menemukan kasus seperti itu, yang saya tahu dan menurut saya makan dan minum apapun kalau kebanyakan (berlebihan) pasti akan berakibat tidak baik bagi kesehatan, saran saya makan dan minumlah secara wajar dan proporsioanal.

saya punya contoh kebalikan dari yang anda alami, anak saya (perempuan) sewaktu masih berumur 1,5 tahun suka meniru-niru apapun yang saya (ayahnya)lakukan, termasuk hobi saya minum kopi dipagi hari, cara minum dan gaya minumnya meniru persis yang saya lakukan. Selera minum kopi anak saya selalu sama dengan saya hingga sekarang anak saya berusia 13 tahun, buktinya anak saya selalu dapat rangking di kelasnya.

Saya juga belum tahu ada hubunganya atau tidak antara minum kopi dengan kecerdasan seseorang.

Semoga ada yang bisa membantu pertanyaan anda

wa informatif
semua yang di minum(makan) di luar batas kewajaran pasti akan menimbulkan efek samping..
bagi saya sendiri
(yang kebetulan penggemar kopi ) minum kopi
sewajarnya bisa membuat rileks dan santai
thanks gan atas informasi yang sangat bermanfaat ini

Cterimkasih atas semuah petunjuk nya karena sangat bermafaat buat saya
Dan mudah mudahan untuk semuah orang yang membaca dan menghayati nya.

Mas, Natsu masih 15 tahun (cewe), tapi demen banget minum kopi! Bisa sampe 3-5 cangkir/hari

Apa kopi itu akan brdampak buruk saat Natsu udah mencapai usia dewasa dst?

Kemungkinan dampak buruknya Hiruma Natsuhi jadi kecanduan, kalau dalam waktu sehari saja belum ngopi serasa masih ada yang kurang dan selalu teringat kepingin ngopi, kalau dorongan keinginan untuk ngopi itu sangat tinggi maka itu gejala kecanduan minum kopi. minum kopi 3-5 cangkir/hari menurut saya itu masih dosis yang wajar selama anda dalam kondisi sehat. Yang perlu anda waspadai adalah apabila anda menderita hypertensi dan maag, seperti yang kita ketahui para dokter menganjurkan untuk mengurangi bahkan ada yang melarang untuk minum kopi bagi penderita penyakit darah tinggi dan maag. untuk lebih jelasnya silahkan konsultasikan dengan dokter anda.

sama-sama sob, semoga bisnis anda semakin sukses.

sama-sama gan, lebih santai lagi kalau kita ngobrolnya sambil menikmati coffeecangkir :)

saya bukanlah seorang yg hobi ngopi tapi setelah membaca ini perlu dipertimbangkan

Betul sekali om Hendra Rambe, sebelum Anda kecanduan minum ngopi sebaiknya dihindari atau minimal jangan sering-sering minum kopi, lebih sehat minum air putih, silahkan baca postingan "Cara Terapi Air Putih Untuk Pengobatan Berbagai Penyakit".

“Tindakan pencegahan sejak dini, akan membawa kita pada pola hidup sehat.” Dengan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup akan membuat kita semakin menghargai apa arti hidup ini.

terima kasih gan! saya pecinta kopi merasa sangat terbantu dengan artikel anda diatas, saya harap untuk kedepannya anda dapat menguraikan info-info lain yang bermanfaat masyarakat banyak! terimakasih! :)

bang, ngomong soal kopi punya produk kopi herbal namanya kopi herbal radix untuk staminta dan vitalitas pria dan wannita, bolehkah kita kerja sama saya pasang iklan di bawah artikel ini, kalau bersedia bisa kontak saya di email sriyonohpai@gmail.com atau no hp saya di 0899 2675 603

Terima kasih atas tawaran kerjasama Abu Herbal Bogor, kalau sudah ada waktu saya akan segera menghubungi email bapak.

Sama-sama terima-kasih kembali atas kunjungannya agan Nanz Trafalgar di blog ini, artikel di atas hanyalah untuk catatan pribadi hasil kopas (kopi-paste) dari sana-sini yang saya ambil dari pencarian di mbah google. Pengetahuan saya sendiri sebenarnya masih sangat terbatas, informasi tentang kopi di internet sudah sangat banyak sekali, saat ini sudah banyak beredar di pasaran produk kopi herbalis, contohnya Kopi Radix Sinergis 7 herbal alami, dan bahkan ada kopi Sinergi ramuan herbal dalam Zstar Coffee Pancasona memungkinkan semua penderita hipertensi dapat menikmati lezatnya aroma sajian kopi spesial, saya juga tertarik ingin mengupas tentang pro-kontra haram-halalnya kopi luwak oleh sebagian pendapat para ulama, kareana pengetahuan dan waktu saya yang sangat terbatas maka saya belum bisa mengupas tuntas semua jenis dan varian kopi yang beredar di pasaran indonesia. Kalau ada yang bisa membantu silahkan berikan komentarnya dibawah ini.

Minum kopi dan teh pahit tiap pagi dapat memperlambat dementia (kepikunan). Kandungan kafein pada kopi dan teh pahit dapat menghambat aktivitas enzim acetylcholinesterase (AChE) yang berpotensi terhadap kepikunan.

hahaha itu so pasti efek rileks juga merupakan faktor penting mungkin dengan coffeecangkir semua bisa teratasi.. oya salam kenal gan dan sukses buat agan...
n jangan lupa perbanyak artikel kopi biar bisa menjadi bahan referensi ane juga
xixixix

wa menarik ni topik pembahasannya apa lagi sesama penggemar kopi..
ya baru sich ane mengenal kopi tapi banyak rahasi di balik biji hitam tersebut

Ralat salah ketik ^ saran saya makan dan minumlah secara wajar dan proporsioanal. maksud saya minumlah secara wajar dan proporsional (sesuai dengan porsinya)

hahaha, salam kenal juga gan, di situs anda http://www.coffeecangkir.com/ sudah banyak artikel yang mengulas tentang kopi, situs anda yang akan saya jadikan bahan referensi ane, :)

semua rahasianya secangkir kopi ada di balik situs http://www.coffeecangkir.com/ dan NGABIDIN WEB

http://www.ngabidin.web.id/2013/02/manfaat-dan-efek-samping-minum-kopi.html

info yang sangat bermanfaat, biar kita kita bisa ambil manfaat positf minum kopi, sekaligus meminimlisir efek buruknya, nice info

Thx info nya gan..sangat bermanfaat..

bagi pencaduk cofe/ kopi klo perut tidak mau mual dan mulas jangan coba2 minum kopi/cofe pakai gula pasir,lebih baik tidak pakai gula sama sekali itu lebih baik menurut doctor ejay hehehe.

terimakasih manfaat dan bahaya kopi

silahkan dicoba dan rasakan Khasiat manfaat minum kopi radix sinergis Hpai, Kopi RADIX adalah kopi herbal alami tradisional yang sangat bermanfaat menjaga stamina dan vitalitas pria dan wanita, Kopi radix sinergis merupakan kopi pendongkrak stamina yang di buat dengan mensinergikan 7 tanaman herbal berkhasiat obat yaitu :
Tongkat Ali / Gingseng.
Teja Lawang.
Tebu Gajah.
Mata Pelanduk.
Mengkudu Hutan.
Halban.
Larak Hutan

Yg wajarnya aja secara hukum dan agama jgn berlebihan mengkonsumsinya udah cukup sbgai panduan kita buat minum apapun

arigatou tuk infonya, mas. saya sengaja mencari artikel ttg dampak buruk minum kopi berlebihan karena memang saya pecandu kopi. Dalam sehari saya biasa menghabiskan 4 gelas ukuran tanggung.
sekalian tanya, apa benar mitos orang yg suka kopi itu pasti juga perokok? soalnya teman2 saya banyak yg heran klo saya suka ngopi tp kok nggak merokok. sebagai info tambahan : saya bukan perokok.
makasih sebelumnya, mas.

Terima kasih mas Suro-Bajul, semoga postingan tersebut bermanfaat. Mengenai mitos orang yg suka kopi itu pasti juga perokok menurut saya itu tidak benar, tapi pada umumnya seorang perokok sejati pasti seorang pecandu kopi, menurut pendapat beberapa perokok yang sudah pernah saya tanyakan tentang hal tersebut mereka merasakan bahwa merokok ditemani secangkir kopi panas terasa nikmat sekali, saking nikmatnya semua masalah yang ada dipikirannya jadi tidak dipedulikan, yang pasti suasana jadi lebih rileks dan santi, bahkan alasan yang paling mendasar bagi seorang perokok harus jadi penikmat kopi karena mereka beranggapan bahwa zat kafein bisa mengurangi zat nikotin, slogan laki-laki seorang perokok aktif "seorang pecandu rokok sudah pasti pecandu kopi" mengenai kebenarannya hal tersebut saya sendiri juga belum tahu.

Yang saya tahu minuman paling baik adalah Air putih, ASI (susu) dan madu. silahkan baca artikel mengenai air putih di http://www.ngabidin.web.id/2013/03/terapi-air-putih-untuk-berbagai-penyakit.html

kopi
Ketika
Otak
Perlu
Inspirasi

bagi saya kalo masalah sehat atau tidaknya kopi gak ngaruh tuh
koppi adalah sumber energi bagi saya
kalo masalah yang laen mah aq pasrah sama ALLAH SWT
smua sudah di atur oleh ALLAH SWT hidup mati sehat sakit rejeki jodoh dan lain''

terima kasih

Ketika
Otak
Perlu
Inspirasi
>>>>>>>
setelah minum kopi apakah mas tino rantoyo mendapatkan inspirasi?

lumayan ngilangin capek and ngilangin Bt klw minum kopi., and q paling suka kopi dari kalimantan, itu strong bgt kopinya kafeinnya wih keren langsung bikin melek 2 hari klw minum itu kopi. keseringan minum itu kopi sekarang jadi biasa aja.

enak jg buat begadang ......

Juny Ningsih sepertinya pecandu kopi kelas berat ya?
Bagi saya minum kopi (apalagi kalau minum kopi hitam) memang bisa ngilangin capek dan ngilangin BT, tapi hanya saat menikmati minum kopi saja, kalau dalam sehari kebanyakan ngopi dan begadang biasanya keesokan harinya setelah bangun tidur badanku rasanya pegal-pegal semua.

Lebih sehat kalau kebanyakan minum air putih "http://www.ngabidin.web.id/2013/03/terapi-air-putih-untuk-berbagai-penyakit.html"

Good day! I know this is kinda off topic nevertheless I'd
figured I'd ask. Would you be interested in trading links or maybe guest writing a blog post
or vice-versa? My website goes over a lot of the same subjects as yours and I believe we could greatly benefit from each other.
If you happen to be interested feel free to send me
an e-mail. I look forward to hearing from you!
Great blog by the way!

Stop by my website - web page ()

This is a topic that is close to my heart... Best wishes!
Where are your contact details though?

my webpage :: dryer vent cleaning repair

Terimakasih mas, sudah mau berbagi artikel ini. semoga bermanfaat

terimakasih banyak.. blog ini sangat memberi manfaat untuk saya

blog yg bagus gan..jadi mengerti...

Sipp infonya...update trs info tentang kopi..aku salah satu penggemar kopi...setiap hari bisa habiskan kopi 1 - 3 gelas perhari apalagi ada kerjaan banyk di kantor..

MAAF, saat ini kolom komentar sudah tidak bisa berfungsi dengan baik karena adanya perubahan struktur kode pada template blog ini.


==================================
Silahkan berikan komentar Anda di laman ini.
Tautan (live links) spam dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Jika ingin menyisipkan tautan silakan gunakan tag: <i rel="URL">URL ANDA</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">TEKS JUDUL ANDA DI SINI</b>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">Tulis URL GAMBAR Anda di sini </i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">Tulis KODE ANDA di sini</i>
Kode yang panjang bisa menggunakan tag <i rel="pre"> KODE PANJANG di sini</i>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS TEBAL ANDA DI SINI</b>
Untuk menciptakan efek tulisan miring gunakan tag <i>TEKS MIRING ANDA DI SINI</i>

/* */